Aspek Pasar dan Pemasaran

Strategi Pemasaran Keripik Buah Bogor (KRIBO)

STP (Segmenting, Targeting, and Positioning) Kribo

a.  Segmenting

Produk keripik buah kami merupakan sebuah produk yang diproduksi secara langsung serta dijual langsung kepada pelanggan.  Segmentasi dari produk kami dilihat dari atribut demografi yaitu untuk laki-laki dan wanita dengan usia 6 tahun ke atas.  Untuk mendukung keberadaan produk keripik ini, kami pun penjualan secara online.

b.  Targeting

Target pasar kribo adalah para penyuka cemilan keripik terutama keripik buah dan para wisatawan yang datang ke kota bogor dan membeli oleh-oleh khas kota bogor. Selain itu mereka yang menyukai produk olahan buah dan makanan sehat juga menjadi salah satu target pembeli kami.

c.  Positioning

Posisi usaha produk keripik buah kami termasuk dalam posisi dimana banyaknya pesaing dengan produk sejenis dipasaran. Namun produk kami memiliki keunggulan dari segi rasa, yaitu variasi rasa yang belum ada dipasaran. Jargon Kribo yaitu “Renyahnya Asli”

Bauran Pemasaran

a. Produk (Product)

Produk apa yang dibeli oleh pembeli dalam hal ini adalah produk yang dijual, dalam hal ini adalah keripik buah dengan 12 varian buah. Untuk menjaga kualitas produk yang utama dilakukan oleh perusahaan adalah memilih bahan baku pembuatan keripik buah dari kualitas yang baik. Buah yang akan dijadikan keripik harus benar-benar buah yang tidak terlalu muda dan tidak pula terlalu masak. Hal ini dimaksudkan agar ketika buah dipotong tipis-tipis untuk digoreng tidak hancur dan dapat memberikan rasa dan aroma buah yang tidak hilang dari aslinya. Jika buah yang digunakan terlalu matang maka akan mengakibatkan kerugian pada waktu penggorengannya karena buah akan mudah rusak, begitu pula jika buah terlalu muda maka rasa asli dari buah belum tercium dan akan menimbulkan aroma asam yang lebih dominan.

b. Harga (Price)

Dalam bauran pemasaran, harga merupakan satu-satunya unsur yang memberikan pemasukan atau pendapatan. Harga untuk setiap varian rasa keripik buah dipatok Rp 11.000.

c.Tempat ( Place)

Penentuan tempat yang diambil oleh kami yaitu di daerah bogor, dekat dengan sumber bahan baku dan pasar.

d. Promosi (Promotion)

Promosi yang kami lakukan yaitu melalui internet dan jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s